Tambah nomor CDMA ke Handphone GSM

Hari gini gak punya nomor CDMA ???? ..... He he he hanya bercanda kok. Trik ini bermula dari berkembangnya teknologi HP baik CDMA maupun GSM yang memberi kita banyak pilihan untuk menggunakan fasilitas komunikasi seluler yang tentunya dengan segala kelebihan dan kekurangannya. GSM dengan kelebihan jangkauannya lebih luas namun biayanya yang relatif mahal dan sebaliknya CDMA dengan kelebihan biaya relatif lebih murah namun jangkauan terbatas ( seperti perlu Combo ataupun Gogo kalau keluar daerah dimana CDMA tersebut terdaftar). Bagi kalangan tertentu mempunyai dua handset GSM dan CDMA atau HP terbaru yang berfasilitas dua-duanya mungkin bukan suatu masalah, tapi untuk yang baru mempunyai handset GSM dan ingin menyisipkan nomor CDMA bisa ikutin trik sederhana ini. Trik ini sebenarnya sudah lama yang dianggap top screet/ rahasia oleh kalangan tertentu dan prinsip kerjanya hanya memanfaatkan fitur call forward yang ada di nomor CDMA

Manfaat yang bisa didapatkan dengan menyisipkan nomor CDMA ke nomor GSM antara lain:

1. HP GSM akan memiliki 2 nomor sekaligus dalam satu Handphone.
2. HP anda akan dapat dihubungi secara lokal bahkan lewat telepon koin pun bisa.
3. Nomor CDMA lokal anda masih dapat dihubungi sekalipun berada diluar daerah.
4. Nggak perlu beli HP CDMA untuk menggunakan nomor CDMA.

Tapi ini bukannya tanpa kelemahan maupun keterbatasan :

1. Nomor CDMA lokal anda hanya dapat digunakan untuk menerima telepon saja, sedangkan fungsi untuk menelpon, mengirim dan menerima SMS tetap ditangani oleh nomor GSM.
2. Bagaimanapun juga pulsa nomor CDMA tetap harus diisi sekalipun tidak digunakan, karena nomor CDMA bisa tidak berfungsi kalau pulsa hangus atau kosong.
3. Dikenakan biaya airtime yang dipotong langsung dari pulsa CDMAnya walaupun cuma terima telepon saja ( ini yang disebut Call forward).

Tapi paling nggak Trik ini bisa dimanfaatin bagi anda yang sibuk dan harus mobile ke luar daerah, ataupun untuk tetap keep in touch pada saat pulang kampung ataupun liburan.

Yang harus disiapkan yaitu:

1. HP GSM dan nomor GSM tentunya untuk ditambahkan nomor CDMA.
2. HP CDMA sebaiknya dengan Fasilitas Ruim Dual Band yang menggunakan kartu dan bukan yang di injek) seperti : Nokia 2115, 6015, 6016, 6585, dll. Dan nggak perlu beli, karena cuma dipakai sebentar aja, bisa pinjem sama saudara, temen, tetangga ataupun tempat dimana beli nomor CDMA nya.
3. Kartu Perdana CDMA, pilih yang sesuai untuk di sisipkan ke nomor GSM anda.
1. Star One untuk : Mentari, IM3, dan Matrix
2. Flexy untuk : Simpati, Kartu AS, Kartu Hallo
3. Esia untuk : Simpati, Kartu AS, Kartu Hallo dan XL

Pemilihan kartu harus benar-benar sesuai, jika tidak maka trik ini nggak akan berhasil.

Cara Menyisipkannya:

1. Masukkan kartu perdana CDMA yang telah dibeli kedalam HP CDMA .
2. Lakukan Pengaktifan
1. Untuk Star One :
1. Tekan *92 + Nomor HP anda (No. HP GSM yang ingin disisipi) misalnya: *9208161353869
2. Tekan OK/Yes.. lalu dengarkan
3. Setelah selesai tutup HP CDMA nya
4. Di test dengan menelpon ke No. CDMA, jika yang berdering adalah HP GSM berarti anda telah berhasil !!
2. Untuk Flexy :
1. Tekan *71 + Nomor HP anda (No. HP GSM yang ingin disisipi) misalnya: *7108125712345
2. Tekan OK/Yes dan dengarkan...
3. Setelah selesai tutup HP CDMA nya
4. Di test dengan menelpon ke No.CDMA, jika HP GSM anda berdering, maka anda telah berhasil !!
3. Untuk Esia :
1. Tekan *12 + Nomor HP anda (No. HP GSM yang ingin disisipi) misalnya: *12081612345678
2. Tekan OK/Yes dan dengarkan...
3. Setelah selesai tutuh HP CDMA nya
4. Di test kembali dengan menelpon ke No.CDMA, jika HP GSM anda yang berdering, maka anda telah berhasil !!

Nggak sulit kan, kurang lebih seperti mengisikan pulsa dari voucher yang kita beli saja.

Suatu saat mungkin kita ingin mengembalikan nomor CDMA kedalam kartu asalnya agar bisa digunakan di HP CDMA, berikut cara-cara untuk mengembalikannya.

1. Untuk Star One
1. Tekan *920
2. Tekan OK/Yes dan dengarkan...
3. Setelah selesai tutup
4. Di test dengan menelpon ke nomor CDMA, jika HP CDMA berdering, maka nomor telah kembali ke kartu asalnya.
2. Untuk Flexy
1. Tekan *710
2. Tekan OK/Yes dan dengarkan...
3. Setelah selesai tutup
4. Di test dengan menelpon ke nomor CDMA, jika HP CDMA berdering, maka nomor telah kembali ke kartu asalnya.
3. Untuk Esia
1. Tekan *120
2. Tekan OK/Yes dan dengarkan...
3. Setelah selesai tutup
4. Di test dengan menelpon ke nomor CDMA, jika HP CDMA berdering, maka nomor telah kembali ke kartu asalnya.

Disclaimer : Sekedar iseng, langsung aja dicoba, kalau nggak bisa jangan salahin saya ya.. paling pusing doang hehehe

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. waahh,, mantaabb perlu dicoba neh... butuh disaat mendesak biasa nya... keep share

    BalasHapus

DAFTAR ISI