STOP MINDER !!!

STOP MINDER....dan tidak usah malu untuk mengakui adanya perasaan minder. Menurut para pakar, setiap orang mempunyai perasaan minder dalam kadar yang berbeda. Perasaan Minder yang cukup kronis bisa menghambat pertumbuhan kepribadian, membuat pergaulan jadi tidak lancar, dan merusak kebahagiaan serta berakibat hidup jadi terasa kurang menyenangkan. Namun tidak ada yang bisa menolong Anda untuk terbebas dari perasaan minder ini, kecuali diri Anda sendiri. Tips berikut ini mungkin bisa menunjukkan langkah yang harus diambil untuk mengatasinya:

1. Kenalilah perasaan rendah diri ketika muncul!
Perasaan itu biasanya diikuti reaksi tubuh berupa keluarnya keringat dingin, jantung berdebar-debar, muka memerah, gugup, salah tingkah dsb.
Tenangkanlah diri Anda! Tariklah napas dalam-dalam selama 10 detik dan keluarkanlah perlahan-lahan selama 10 detik pula.Ulangi terus sampai Anda merasa tenang. Usahakanlah untuk melatih pernapasan ini sesering mungkin sehingga dalam keadaan darurat Anda dapat segera menenangkan diri.


2. Carilah penyebab munculnya perasaan rendah diri!
Misalnya rasa minder disuatu pesta mungkin akibat Anda membandingkan penampilan orang lain yang keren dengan penampilan Anda yang biasa-biasa saja. Perasaan grogi ketika bertemu dengan pria tampan atau wanita cantik, mungkin karena menilai wajah anda jelek. Rasa malu ketika berbicara didepan umum, mungkin karena Anda takut dinilai bodoh, dsb.

3. Ubahlah apa yang bisa diubah, tapi terimalah apa yang tidak bisa diubah!
Bila penampilan yang jadi sumber rasa minder, ubahlah penampilan Anda. Bila badan Anda yang gendut membuat Anda kurang percaya diri , bertekadlah untuk membakar timbunan lemak ditubuh Anda dengan olahraga rutin. tapi kalau hidung Anda pesek, mata Anda juling atau bibir Anda terlalu ndoweeer sementara Anda belum mampu untuk operasi plastik, belajarlah untuk menerimanya. Yakinkan diri anda bahwa tak seorangpun sempurna. Selain itu, bukankah banyak orang yang cacat fisiknya namun bisa menjjadi pribadi yang mempesona?. Daripada menagisi cacat yang tak bisa dirubah, lebih baik membenahi apa yang bisa diubah.

4. Keluarlah dari tempat persembunyian!
Tidak perlu lagi mengucilkan diri dan bersembunyi ditempat yang aman. Tidak ada yang perlu di takuti dan tidak akan ada yang melukai Anda. Anda bisa belajar untuk tidak tersinggung dan tidak terluka apapun yang orang lain katakan dan betapapun buruknya sikap mereka terhadap Anda. Perhatikan orang-orang besar bisa bertahan terhadap kritikan, kecaman dan hujatan. Mereka tidak membiarkan orang lain mengendalikan perasaan mereka. Mulailah mengendalikan perasaan Anda sebelum orang lain melakukannya!

5. Tampilkan jatidiri Anda!


mengko tak sambung maneh yo.................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DAFTAR ISI