Pengguna internet makin bertambah

Internet saat ini bukan lagi hal yang sulit dicari, melalui internet kita bisa mendownload lagu-lagu kesayangan anda dengan mudah, mencari bahan-bahan kuliah, entertaintment, chatting dan masih banyak lagi hal yang bisa kita lakukan dengan Internet.


Hadirnya Internet telah menunjang efektifitas dan efisiensi operasional perusahaan, terutama peranannya sebagai sarana komunikasi, publikasi, serta sarana untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh sebuah badan usaha atau lembaga lainya.

Di Indonesia perkembangan internet cukup menjanjikan. Secara keseluruhan memang masih dapat dikatakan bahwa internet relatif baru dikenal oleh masyarakat Indonesia dan frekuensi pemakainnyapun belum terlalu banyak. Namun perkembangan internet di Indonesia telah menunjukkan perkembangan yang signifikan.

Namun tahukah anda menurut penelitian pengguna internet di Indonesia pada tahun 2008 saja mencapai 25 juta user ? Angka yang menakjubkan jika mengingat pada tahun 2000 jumlah pemakai internet hanya 2 juta user. Hanya dalam jangka waktu 8 tahun perkembangan pengguna internet di Indonesia melejit sekitar 800% !.

Total jumlah penduduk menurut beberapa sumber adalah 238 juta, 25 juta user hanya sekitar 10% kurang sedikit dari total jumlah penduduk.

Namun kita juga harus mengingat jumlah penduduk Indonesia yang “melek komputer” pastinya angkanya tidak akan melebihi dari 20% dari jumlah penduduk kita, toh yang mampu mengecap pendidikan sampai kuliah saja tidak terlalu banyak, belum lagi kalau disangkut-pautkan dengan masalah kemampuan ekonomi.

Walaupun jumlah pengguna internet di Indonesia memang berkembang dari tahun ke tahun, tetapi pertumbuhan jumlah pengguna ini tidak diimbangi dengan perkembangan kualitas jaringan dari pihak penyedia jasa layanan internet itu sendiri, sehingga terjadi adanya kepadatan lalu-lintas dalam jaringan.

Selain itu, adanya monopoli dari salah satu pihak penyedia layanan telekomunikasi telah menimbulkan persaingan yang tidak sehat, yang berdampak pada mahalnya harga bandwidth di Indonesia, serta pelayanan yang terkesan asal-asalan dan tidak sepenuhnya memperhatikan kepuasan konsumen.

Dari semua kondisi di atas, yang utama bagi user internet Indonesia adalah akses yang murah dan cepat, sehingga mereka bisa menikmati perkembangan teknologi informasi, terutama user internet di tingkat masyarakat daerah. Semua itu akan terwujud jika pengambil kebijakan di bidang ini bisa memiliki pandangan yang seimbang, baik dari segi user internet (masyarakat), maupun dari segi perusahaan penyedia jasa layanan internet dan teknologi informasi.

Dan sekarang awal tahun ini beberapa Provider penyedia layanan internet sudah mulai memberikan layanan yang mulai bisa dijangkau kalangan masyarakat menengah kebawah. Seperti halnya juga operator seluler juga sudah meluncurkan paket paket internet murah yang diminati banyak kalangan terutama yang mobilitas tingggi atau bahkan yang belum punya komputer tapi ingin merasakan indahnya surfing dunia maya.

Semoga dengan perkembangan tersebut bisa membawa manfaat yang banyak bagi kita semua. Amiiiin

1 komentar:

DAFTAR ISI